perahu berlabuh pada sandinya
perlahan meriakan keruhan air di tepi dermaga
bagaimana kita hidup bagai manusia
yang berakhir pada pelabuhan ketiadaan raga

PERAWAN REMAJA DALAM CENGKERAMAN MILITER (Catatan Pulau Buru)

PERAWAN REMAJA DALAM CENGKERAMAN MILITER (Catatan Pulau Buru)

SPESIFIKASI
Judul : Perawan Remaja dalam Cengkeraman Militer
Penulis : Pramoedya Ananta Toer
Tahun terbit : 2011
Jumlah Halaman: ix + 248
Jenis : Novel (catatan sejarah)

Penjajahan selalu menyisakan cerita memilukan bagi bangsa yang terjajah. Tak terkecuali ketika Indonesia dijajah Jepan selama 3,5 tahun. Penderitaan tidak hanya dialami oleh pejuang yang mengangkat senjata, namun hingga para gadis di bumi pertiwi.

Lewat tipu muslihat yang dilakukan pasukan Nippon, mereka berhasil mendapatkan gadis-gadis perawan Indonesia. Mereka diambil “paksa’ oleh Jepang dengan alasan untuk disekolahkan di Jepang atau Singapura. Namun ternyata mereka hanya dijadikan budak seks para tentara Jepang. Bahkan nasib perempuan-perempuan ini tidak membaik ketika Jepang akhirnya kalah perang. Mereka justru tercerai berai dan tidak bisa kembali ke daerah asal.

Pram yang saat itu diasingkan di pulau Buru kemudian bertemu dengan sebagian kecil dari mereka yang sudah menjadi tua di pulau Buru. Berdasarkan pengamatan pribadinya disertai kisah-kisah nyata dari sumber yang dapat dipercaya maka Pram akhirnya membuat catatan tentang penderitaan perempuan-perempuan ini yang kehilangan masa depannya gara-gara tentara Jepang.

0 komentar:

Posting Komentar